Pelengkapan Pendakian Gunung

Perlengkapan Pendakian Gunung

          Sebelum melakukan Pendakian Gunung kita harus mempersiapkan perlengkapan terlebih dahulu .Dalam pendakian gunung kita wajib memerhatikan peralatan pendakian gunung yang lengkap dan tepat guna. Sesuaikan dengan kebutuhan dan bawalah secukupnya. Berikut saya jelaskan ulasan singkat mengenai perlengkapan pendakian gunung secara lengkap. Perlengkapan apa saja yang perlu dibawa saat akan mendaki gunung.
           Dalam mempersiapkan peralatan mendaki kita tidak diharuskan membeli yang baru, untuk peralatan khusus kamu bisa meminjam atau sewa di tempat persewaan peralatan outdoor dan hiking yang ada di kotamu.


.:: Perlengkapan Utama dan wajib diketahui ::.

1. Tenda Dome
                Tenda Dome adalah peralatan kelompok yang wajib dibawa. Banyak macam-macam Tenda untuk pendakian gunung. Dari merk yang bagus hingga medium. Dan ukurannya juga bervariasi. Macam-macam Merk yg berkualitas seperti : Eiger, Bestway, Lafuma, Montana, Rei, dll .Kapasitas: 2 orang, 4 orang, 6 orang.

2. Carrier (Tas Gunung)

           Carrier merupakan perlatan paling utama dan Wajib dibawa. Tas gunung memiliki desain yang sudah disesuaikan dengan ergonomi badan manusia dan sudah disesuaikan khusus untuk membawa beban yang berat. Tas gunung dilengkapi dengan kantong-kantong yang banyak dan banyak tali-tali yang mengait. Tas gunung ada banyak merk dan banyak ukurannya. Tiap merk memiliki kelebihan masing-masing. Ada yang memiliki besi di punggung bagian dalam tas supaya bisa menopang punggung manusia yang membopongnya.Macam-macam Merk Carrier : Consina ,The North Face, Deuter, Eiger, Karrimor, Avtech, Alpine. Harga: berkisar Rp 250.000 – Rp 1juta-an tergantung merk dan ukuran. Jenis berdasar ukuran: 40, 60, 80, 100 dan 120 (Liter).


3. Sleeping bag (Kantong Tidur)
                 
                   Sleeping bag (kantong tidur) merupakan hal wajib yang perlu dibawa bagi pendaki. Sleeping bag sangat berguna pada saat suhu cuaca dingin.
Macam-macam Merk: Karrimor, Jack Wolfskin, Makalu, Eiger, Alpine, Walles, Consina. Harga berkisar: Rp 120.000 – Rp 800.000.

4. Sepatu Gunung atau sandal gunung (wajib sob)

           Sepatu gunung dan sandal gunung merupakan perlengkapan yang harus digunakan seorang pendaki. Sepatu gunung didesain khusus untuk menerjang medan becek, lumpur, basah, bebatuan dan didesain khusus untuk trek mainstream tanjakan. Begitu juga dengan sandal gunung. Sandal gunung didesain sama seperti sepatu gunung . Sepatu gunung dan sandal gunung juga memiliki merk dan kualitasnya masing-masing. Merk sepatu: Meindl Toronto, Hi-Tec Harmony, Merrell Moab, Scarpa SL Activ, Salomon Comet 3D Lady. Merk sandal: Rei, Eiger
Harga sepatu: Rp 300.000 – Rp 2jt-an
Harga sandal: Rp 100.000 – Rp 1jt an

5. Gaiter

           Gaiter adalah penghalang pasir agar tidak masuk ke sepatu .
Harga
berkisar: Rp 50.000 – Rp 500.000.

6. Jaket Gunung

           Jaket gunung merupakan hal wajib yang harus digunakan para pendaki. Jaket Gunung didesain khusus agar tahan angina, air dan suhu dingin . Macam-macam Merk: EIGER, NORDWAND, DEUTER,KARRIMOR, CONSINA. Harga berkisar : Rp 200.000 – Rp 1jt-an.

7. Matras Gunung

           Matras gunung berguna sebagai landasan kita duduk atau landasan untuk tidur.
Harga
berkisar : Rp 50.000 – Rp 90.000.

8. Senter atau headlamp
             Headlamp adalah lampu yang dipasang di kepala sehingga saat mendaki kita tidak perlu memegang senter atau penerang lainnya. Headlamp juga tahan lama dan digunakan pula untuk digantung di dalam tenda sebagai penerangan.
Harga headlamp
berkisar : Rp 100.000 – Rp 200.000.

9. Trekking Pole (Tongkat Gunung)
                  Tongkat gunung berguna untuk pegangan tangan dan menjaga keseimbangan tubuh saat berjalan. Harga berkisar: Rp 60.000 – Rp 100.000.

10. Jam Tangan Waterproof

                Jam tangan gunung biasanya adalah jam tangan yang waterproof dan wheatherproof. Dan harganya biasanya di atas 500rb. Ada pula jam tangan gunung yang dilengkapi dengan pengukur ketinggian, pengukur suhu, thermometer.







11. Sarung Tangan

             Bagian paling sensitif pada tubuh kita adalah telapak tangan dan telapak kaki. Sehingga jika pada suhu dingin namun telapak tangan kita terjaga suhunya maka tubuh juga akan menyesuaikan.

12. Jas Hujan

          Jas hujan wajib dibawa jika kita melakukan pendakian pada musim hujan. Gunanya tentu bertujuan jika hujan turun dan sebagai pelapis kedua menjaga tubuh dari terpaan angin dan suhu dingin. 

13. Peralatan Memasak

        Kompor, Nesting, Gas, Korek api, Spirtus

14. Logistik 

       Nasi , Mie Instan, Telur, Roti, Cokelat, Naget, Sosis, Sarden dan Buah-buahan.

15. Perlengkapan P3K (Penting Sob)


Salam Rimba....
Untuk orang-orang yang menghargai hidup dengan bertualang mempertaruhkan hidup.




Share on Google Plus

About Trekkersmountain.blogspot.com

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

3 comments: